Seberapa Penting Memberi Ulasan Setelah Belanja Online

Bagi yang terbiasa melakukan belanja di aplikasi belanja online mungkin seperti shopee, tokopedia, lazada, dan lain sebagainya.. Pasti akan terasa menyenangkan untuk memberikan rate Bintang dan juga komentar ulasan beserta foto juga videonya karena setelah itu akan ada koin yang lumayan yang bisa didapatkan. 
Namun seberapa pentingkah memberikan ulasan itu? 

Dulu bagi saya memberikan ulasan usai paketan barang yang sudah dinanti nanti telah tiba itu sangat menggembirakan, bahkan rasanya buru-buru ingin segera mengulas saking bersemangatnya. 
Jika barang yang datang sesuai dan setidaknya tidak meleset jauh dari ekspektasi maka tidak segan saya memberi Bintang 5, saya jarang sekali memberikan ulasan buruk karena merasa kasihan dengan seller. 
Tak lupa saya berikan foto yang terbaik supaya calon pembeli lain yang membaca ulasan saya merasa lebih yakin untuk juga membeli di toko tersebut, itung-itung ikut membantu membuka pintu rezeki buat seller langganan saya tersebut, saya merasa sudah berbuat baik 😆

Selama ini saya tidak begitu memperhatikan harga-harga barang yang sudah saya beli, hingga pada akhirnya saya gabut dan melihat lihat riwayat pesanan saya selama ini yang kemudian saya lihat harganya lalu saya bandingkan dengan harga barang di toko tersebut dengan harga yang sekarang, rupanya harganya sudah melonjak naik drastis padahal hanya berselang beberapa hari saja. Harga harga barang yang lain di toko tersebut pun jadi di luar nalar dan sangat sangat berbeda dengan yang beberapa waktu lalu saya lihat kemudian memutuskan untuk beli, akhirnya niatan untuk repeat order TIDAK JADI

Kemudian ada juga di seller lain yang saya sudah 2tahunan langganan karena merasa puas dengan pelayanan dan kualitas bahan dari pakaian di toko tersebut, sehingga tiap kali saya habis beli selalu saya kasih ulasan yang positif, hingga pada akhirnya terakhir semingguan yang lalu barang yang saya pesan datang namun kualitasnya di bawah jauh dari kualitas yang biasanya. Saya jadi merasa kecewa, apalagi barang yang saya beli cukup banyak dan harganya tidak seperti harga kaleng kaleng tentunya namun hampir semuanya kualitasnya buruk. 

Begitu juga dengan pulsa/paket data yang saya beli di online shop, yang awalnya murah tapi setelah dapat banyak rate 5 ujung-ujungnya jadi dimahalin. 

Karena itulah sekarang ini sudah tidak mau lagi kalau memberi ulasan, biarin dah gak dapat iming-iming koin, toh koinnya juga gak seberapa, semakin lama semakin banyak yang makai aplikasi semakin sedikit pula koin yang di dapat, gakguna! 
Dan meskipun ada barang yang datang sesuai dengan yang diharapkan pun tak mau saya memberi ulasan, haha ntar habis dikasih ulasan bagus trus harganya dinaikin kayak yang udah udah lagi 😬
Begitupun dengan yang seller langganan yang kualitas barangnya semakin minus itu juga tenang saja gak bakalan kok ku kasih rating jelek, cukup tau sampai disitu saja dan gak lagi-lagi belanja disitu. 

Ini adalah gambar screen shot dari akun aplikasi shopee saya, disitu ada 5 toko lohh yang menunggu diulas tapi gak saya ulas saya biarkan saja sampai habis masa tanggal ulasannya secara otomatis.. Begitupun juga masih ada 1 kiriman paket yang belum datang nantinya saya juga tidak akan mengulasnya. 

Andaikan di shopee ada fitur edit ulasan tanpa ada batas waktu maka saya akan mengedit ulasan ulasan saya terdahulu